NEWS UPDATE : SAMPAI DENGAN SAAT INI, KAMI SUDAH BISA MENSERTIFIKASI 6 (ENAM) KATEGORI PRODUK YAITU UBIN KERAMIK/GRANIT, PAPAN GYPSUM, CAT DAN PELAPIS, KLOSET/TOILET,  PIPA uPVC, SERTA BAJA GULUNGAN LAPIS PADUAN & BAJA RINGAN

ABOUT GPCI

cropped-GPCI-Logo.png

 

Sekilas Tentang Green Product Council Indonesia

GPCI (Green Product Council Indonesia) adalah sebuah lembaga swadaya masyarakat (non government) dan nirlaba (non profit) yang peduli  terhadap lingkungan dalam hal pemakaian bahan industri khususnya produk-produk bahan bangunan.  Selain itu kami juga meningkatkan kepedulian lingkungan pelaku industry serta mempromosikan Indonesia sebagai negara peduli lingkungan.  Untuk itu menjadi sangat penting bagi kita untuk menggunakan produk-produk bahan bangunan yang hijau dengan sangat memperhatikan aspek lingkungan dalam hal membangun. Organisasi ini didirikan untuk mendorong seluruh masyarakat memperhatikan aspek lingkungan dalam penggunaan produk-produk bahan bangunan yang hijau dan ramah lingkungan.

 

Melalui Green Product Rating Tools yang tengah disusun bersama ahli yang professional, GPCI akan mengeluarkan Green Label bagi produk yang telah memenuhi kriteria yang dipersyaratkan dengan audit yang dilakukan oleh lembaga audit professional. Hal ini  juga akan mendorong para konsumen untuk memilih produk bahan bangunan yang telah memiliki Green Label sebagai pilihan utama mereka. Dengan demikian setiap produk akan berlomba-lomba memenuhi kriteria hijau.

 

Untuk mendorong para pelaku industri memproduksi bahan bangunan yang lebih sehat dan hijau, GPCI meluncurkan Green Label Indonesia, yaitu sertifikasi produk ramah lingkungan. Dengan sertifikasi ini, diharapkan produk bahan bangunan bisa didaur hidup yang mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Produk yang membutuhkan sertifikasi Green Label Indonesia ini adalah material bangunan yakni adhesive, semen, keramik, tile, dan batu. Untuk interior antara lain karpet, insulator, board, tekstil, lampu, furnitur, serta bahan pembersih.

GPCI didirikan atas inisiatif 7 (tujuh) pendiri inti dari Kalangan Professional   (Inisiator) serta 20 Wakil Perusahaan (Corporate Circle Founder).

 

 

Visi, Misi & Green

VISI

“Meningkatkan kualitas produk yang berkesinambungan dengan aspek dapat didaur ulang (Recycle & Sustainable) dan Ramah Lingkungan”

 

MISI

  • Meningkatkan kesadaran kepada pelaku usaha industri, maupun perseorangan untuk turut menciptakan Indonesia yang “Hijau”
  • Mendorong industri untuk melakukan pengembangan teknologi ramah lingkungan pada produk-produk mereka secara berkelanjutan
  • Meningkatkan kesadaran/awareness kepada masyakarat mengenai produk-produk ramah lingkungan yang ada di lingkungan sekitar.

 

Apa itu Green Product ?

 

Semua produk / material yang dihasilkan dari proses produksi mempunyai dampak lingkungan. Dampak tersebut dapat terjadi selama proses produksi maupun saat konsumsi dan juga setelah pemakaian.

Dalam proses produksi sebuah produk / material membutuhkan bahan baku, menggunakan energi dan air (Embodied Energy and Water) dan menghasilkan sampah / limbah.

Sumber bahan yang ramah lingkungan menjadi nilai tambah pada suatu produk / material dalam menjaga kelestarian lingkungan bumi. Bahan baku yang bersertifikat lingkungan dan efisiensi pemakaian bahan selama proses produksi sangat berperan penting menghasilkan produk / material berkualitas sekaligus ramah lingkungan.

Efisiensi energi dan air juga sangat penting diterapkan selama proses produksi sehingga dapat berkontribusi melestarikan sumber daya alam dan mengurangi emisi.

Pada saat konsumsi, dampak yang dihasilkan sangat bergantung pada upaya untuk mengganti penggunaan produk dan material bersifat Toxic menjadi Non-Toxic sehingga ruangan kerja menjadi ruangan yang sehat serta menghasilkan manusia dan generasi bangsa yang sehat.

Green Product (Produk Hijau) adalah produk yang selama daur hidupnya sejak diambil dari sumber bahan baku sampai habis masa pakainya tidak menimbulkan pengaruh buruk kepada lingkungan. Mari bersama membangun Indonesia melalui produk yang ramah lingkungan untuk menunjang generasi kedepan.