NEWS UPDATE : SAMPAI DENGAN SAAT INI, KAMI SUDAH BISA MENSERTIFIKASI 6 (ENAM) KATEGORI PRODUK YAITU UBIN KERAMIK/GRANIT, PAPAN GYPSUM, CAT DAN PELAPIS, KLOSET/TOILET,  PIPA uPVC, SERTA BAJA GULUNGAN LAPIS PADUAN & BAJA RINGAN

FAQ

Beberapa daftar pertanyaan beserta jawabannya

seputar Green Product Council Indonesia

Informasi Umum Tentang GPC Indonesia

GPC Indonesia mendefiniskan produk hijau atau Green Product sebagai produk yang selama daur hidupnya sejak diambil dari sumber bahan baku hingga habis masa pakainya tidak menimbulkan pengaruh buruk terhadap lingkungan.
GPC Indonesia hanya mensertifikasi produk. GPC Indonesia tidak mensertifikasi perusahaan yang memproduksi produk tersebut.
Nama Merek Dagang mengacu pada nama yang berbeda yang diberikan untuk mengidentifikasi produk yang Anda akui di bawah GPC Indonesia. Model mengacu pada kode yang Anda tetapkan untuk jenis produk tertentu yang Anda sertifikasi di bawah GPC Indonesia.
Tidak, kami tidak menguji produk. Kami hanya menerima laporan pengujian dari laboratorium uji pihak ketiga yang terakreditasi.
Untuk mensertifikasi suatu produk sebagai produk hijau (Green Product), produk tersebut harus memenuhi SEMUA persyaratan untuk kategori produk yang ditentukan. GPC Indonesia tidak mengesahkan produk hanya berdasarkan efisiensi energi atau manfaat lingkungan tunggal lainnya. Aspek keseluruhan yang meliputi komposisi material, proses pembuatan, dampak kesehatan, dan pembuangan produk merupakan hal yang sangat penting sebagai pertimbangan untuk mencapai tingkat Green Product.
Tidak, Green Label GPC Indonesia bersifat sukarela. Namun Green Label GPC Indonesia saat ini merupakan alat pemasaran produk yang hebat. Selain itu, saat ini banyak proyek pembangunan yang akan memerlukan produk hijau (Green Product) yang bersertifikat.
Tidak bisa, GPC Indonesia tidak mengenali ekolabel dari negara lain. Namun, Anda dapat mengirimkan dokumen uji yang digunakan pada lembaga ekolabel lainnya untuk dilakukan penilaian ke GPC Indonesia.
Semua produk dapat ditemukan di website GPC Indonesia. Anda dapat mencari nama merek atau model produk. Nama perusahaan yang mensertifikasi produk juga akan tercantum dalam direktori produk.

Prosedur Pengajuan Sertifikasi

Anda dapat menghubungi sekretariat GPC Indonesia. Kami akan memberi tahu Anda tentang kategori produk yang sesuai setelah melakukan penilaian rinci terhadap produk Anda.
Nama merek, deskripsi, dan model diperlukan untuk memudahkan pemrosesan pengajuan Anda.
Silakan hubungi sekretariat GPC Indonesia. Kami akan menilai produk Anda dan memberitahu Anda tentang kategori mana yang paling sesuai untuk Anda.
Formulir pengajuan untuk Green Label GPC Indonesia dapat diisi secara langsung dari situs kami. Silakan baca petunjuknya terlebih dahulu sebelum melakukan pengisian. Isi informasi yang diperlukan lalu submit kepada kami lalu cetak formulir tersebut dan lengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan pada saat melengkapi dokumen.
Proses normal memerlukan waktu sekitar 4-5 minggu sejak GPCI menerima formulir pengajuan yang disertai dengan dokumen pendukung secara lengkap.